eu68888


Kamis, 01 April 2010

PRINSIP DASAR ENGINE

 

MOTOR BAKAR

PENGERTIAN DASAR

 

 


Pendahuluan

Motor penggerak mula adalah suatu motor yang merubah tenaga primer yang tidak  dapat diwujudkan dalam bentuk aslinya, tetapi diwujudkan dalam bentuk tenaga mekanis.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 


Text Box: • Aliran cairan/gas• Tekanan cairan/gas• Panas• Listrik• Kimia

 

Tenaga yang dihasilkan
 

 

 

 

 

 

 


Motor penggerak mula

Contoh-contoh :

Motor penggerak mula

Jenis tenaga primer

·         Turbin air

·         Mesin uap

·         Motor bakar

·         Kincir angin

·         aliran air

·         aliran uap akibat pembakaran

·         Kimia bahan bakar

·         aliran angin

 

 

 

Prinsip pengubahan tenaga pada motor penggerak mula

 

Motor penggerak mula 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


·         Tenaga Primer tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.

·         Jumlah tenaga primer yang dimasukkan pada suatu motor selalu sama besar dengan jumlah tenaga yang dihasilkan ( out - put )

·         Tenaga primer yang tidak akan pernah dapat diubah 100% menjadi tenaga mekanis. Sebagaian tenaga primer akan dikeluarkan dalam bentuk lain seperti panas. Gas buang, pendinginan, gesekan & Radiasi bagian tenaga yang tidak dapat diubah menjadi tenaga mekanis dinilai sebagai kerugian pada proses pengubahan tenaga.

 

 

 

 

 


h selalu lebih kecil dari 100%

 

Contoh : Pada Motor Bensin, Tenaga Primer 100%. panas/kalori hasil pembakaran hanya akan menghasilkan rendemen/effisiensi sebesar kurang lebih 30%. Sedang yang lain hilang. Karena terbawa gas buang 30%, diserap oleh sistem pendingin 30%, akibat gesekan dan radiasi 10%.

 

 

 

Prinsip pengubahan tenaga pada motor bakar

 

Motor bakar adalah pesawat pengerak mula yang mengubah tenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga panas ( kalor ) dengan jalan pembakaran, panas tersebut selanjutnya di rubah menjadi tenaga mekanik

 

Proses pengubahan tenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga mekanik pada motor bakar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                 

 

 

 

 

 

 

 

Mekanisme Engkol : berfungsi merubah gerak translasi torak ( gerak bolak-balik

 torak) menjadi gerak putar pada poros engkol.

 
 

 

 

 



Macam-macam motor bakar pembakaran dalam

 

1.    Motor torak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Sifat – sifat yang menonjol

·        Gerak Translasi / gerak bolak-balik torak dirubah menjadi gerak putar poros engkol.

·        Untuk mengurangi getaran, jumlah silinder dapat dibuat lebih dari Satu.

·        Digunakan pada motor 2 tak dan 4 tak baik motor Bensin maupun Diesel


2.    Motor Wankel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Sifat-sifat yang menonjol

·        Gerakan torak berotasi ( berputar )

·        Pengisian, kompresi dan pembuangan diatur oleh torak

·        Lebih ringan

·        Getaran kecil

·        Jarang digunakan dan tidak diproduksi secara massal

 

Contoh  :  Mazda RX-7

 Mercedes Benz


3.  Turbin gas

 

 

 

 

Sifat – sifat yang menonjol

·        Semua bagian berputar, sehingga getaran kecil

·        Pembakaran berlangsung secara terus menerus

 

Penggunaan : Pesawat terbang, penggerak generator listrik

 

 

 

 

 

 

Macam – macam konstruksi motor torak

 

a.    Motor 2 Tak (Bensin)

 

Sifat sifat yang menonjol

·        Pendinginan dengan udara, getaran sirip keras

·        Pelumasan silinder dengan mencampurkan oli kebahan bakar

·        Pengisian, pembilasan, kompresi dan pembuangan lewat saluran-saluran diatur oleh torak

·        Pembetukan campuran bahan bakar diluar silinder

·        Penyalaan dengan sistem pengapian
Motor 2 Tak Diesel

 

 

 

Sifat –sifat yang menonjol

1.     Pendingin dengan air pendingin

2.     Pembilasan memanjang

3.     Memerlukan katup buang

4.     Pengisapan dan pembilasan dijalankan oleh kompresor yang langsung menekan udara ke dalam silinder

5.     Pelumasan tekan

6.     penyalaan dengan penyalaan diri

 

Penggunaan  :  Kapal laut, Kereta api

 


b.    Motor Otto ( Bensin 4 Tak )

 

 

Sifat-sifat yang menonjol

·        Pendinginan dengan air pendingin

·        Pelumasan silinder dengan semprotan oli atau percik ( dengan sistem panci, sirkulasi tekan oleh pompa oli )

·        Pengisian, kompresi, pembuangan diatur oleh mekanisme katup

·        Pembentukan campuran bahan bakar dan udara terjadi diluar silinder

·        Pembakaran dengan sistem pengapian

 


c.    Motor Diesel ( 4Tak )

 

 

 

Sifat-sifat yang menonjol

·        Pendingian dengan air pendingin

·        Pelumasan silinder dengan semprotan oli atau percikan

·        Pengisian, kompresi, pembuangan diatur oleh mekanisme katup

·        Pembentukan campuran bahan bakar dan udara didalam silinder

·        Pembakaran terjadi dengan sendirinya

 

 

Kriteria penggolongan motor torak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar