eu68888


Jumat, 02 April 2010

ABS (Anti-Lock Braking System)

ABS selama ini dianggap sebagai system rem tercanggih dan teraman

Bagi para pemilik mobil yang dilengkapi dengan rem yang menggunakan ABS (Anti-lock Braking System) selayaknya menguji kinerja rem tersebut. ABS selama ini dianggap sebagai system rem tercanggih dan teraman. Akan tetapi belakangan ini muncul keraguan, karena berdasarkan hasil survey penelitian mobil ber-ABS, mempunyai kemungkinan mengalami kecelakaan fatal 65% ketimbang mobil dengan rem biasa. Untuk lebih aman ada beberapa tips pemakaian ABS :

1. Pada situasi pengereman darurat, tekan pedal rem sedalam mungkin dan jangan pernah dikendurkan. Pedal semakin bergetar semakin baik.

2. Bantu pengereman dengan mengendurkan gigi persneling secara bertahap. Contoh dari 4 ke 3 lalu ke 2, karena penurunan drastis berakibat over-rev jika rpm masih tinggi.

3. Jangan mengocok pedal karena mengurangi kemampuan ABS.

4. Tetap jaga jarak aman dengan kendaraan di depan, karena ABS pada dasarnya tidak membantu mengerem lebih cepat. ABS hanya membantu mobil bisa dikendalikan saat darurat.

5. Pada kondisi darurat, arahkan mobil ke sisi jalan yang tak dipakai mobil lain untuk mendahului dengan gerakan mantap.

6. Setir tidak perlu terlalu banyak diputar. Hal ini bisa mengakibatkan selip. Pengendalian yang mantap lebih menjamin keselamatan karena rem ABS dirancang antiselip.

7. Jangan percaya diri berlebihan dengan memacu mobil berkecepatan tinggi atau tidak menjaga jarak aman mengemudi. Tetaplah mengemudi dengan sikap yang wajar demi keselamatan diri sendiri dan penumpang di mobil anda.

1 komentar:

  1. Informasi dalam artikel ini sangat bermanfaat khususnya bagi industri otomotif dalam meningkatkan performa untuk menghasilkan mobil keluarga ideal terbaik Indonesia yang mampu bersaing di manca negara serta menciptakan lapangan kerja.

    BalasHapus